Privacy Policy
Terakhir diperbaharui pada 31 Januari 2024
Kebijakan Privasi ini merupakan bentuk komitmen dari Piro dalam hal melindungi data Pengguna serta menjelaskan bagaimana Kami (PT Tolong Transfer Paman Ryan) mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengolah, menganalisa, menampilkan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada Piro atau yang Piro kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran, mengakses, maupun menggunakan Piro dan Layanan Piro .
Kebijakan Privasi ini kami buat berdasarkan Undang- Undang Nomor 27 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Data Pribadi.
Para Pengguna diwajibkan untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama dalam hal memastikan bahwa Para Pengguna telah memahami bagaimana proses pengolahan data yang ada pada Piro . Dam dalam hal mengakses dan/atau menggunakan Layanan Piro , Pengguna menyatakan bahwa setiap data Pengguna merupakan data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Piro untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan Pengguna Piro .
A. PENGUMPULAN DATA PENGGUNA
- Piro mengumpulkan data Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Layanan Piro serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Data atau informasi yang Kami kumpulkan dari Pengguna secara langsung, adalah sebagai berikut:
-
- Membuat Akun Piro , termasuk diantaranya nama Pengguna (username), alamat email, nomor ponsel (handphone), PIN;
- Upgrade sebagai pengguna registered (Premium), termasuk diantaranya nama lengkap Pengguna, nomor kartu identitas, Foto KTP, swafoto KTP, alamat, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan lain sebagainya;
- Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna;
- Menggunakan Layanan Piro , termasuk data transaksi yang detil, diantaranya jenis transaksi, jumlah pembayaran, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya;
- Menghubungi Piro , termasuk melalui Layanan Customer Service;
- Mengisi survei yang dikirimkan oleh Piro ;
-
- Data atau informasi yang Kami kumpulkan setiap kali Pengguna menggunakan Aplikasi atau mengunjungi Website Kami, adalah sebagai berikut:
-
- Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
- Data kontak pengguna untuk mendukung produk dan layanan Piro , seperti memudahkan pengguna untuk memilih nomor kontak untuk melakukan transaksi, dan untuk data kontak pengguna tidak akan disimpan ke dalam server Piro ;
- Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna, termasuk aktivitas pendaftaran, login, bertransaksi dan lain sebagainya;
- Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi atau Website, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler;
- Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Piro ;
-
- Data atau informasi yang Kami peroleh dari sumber lain, termasuk:
-
- Rekan Usaha Piro yang turut membantu Piro dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Aplikasi Piro kepada Pengguna;
- Rekan Usaha Piro tempat Pengguna membuat atau mengakses Akun Piro , seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan API Piro atau yang digunakan Piro ;
- Sumber yang tersedia secara umum;
-
- Piro dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.
B. PENGGUNAAN DATA PENGUNA
Piro dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian “A” mengenai “Pengumpulan Data Pengguna” untuk hal-hal sebagai berikut:
-
-
- Mengidentifikasi dan mendaftarkan Pengguna, dan untuk mengadministrasikan, menverikasi, menonaktifkan, atau mengelola Akun Pengguna;
- Memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan sebelum memberikan layanan kepada Pengguna atau sebelum Kami mendaftarkan Pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer) dimana data Pengguna yang verifikasi akun ke Premium akan dikirim ke penyedia layanan yang telah Kami tunjuk sebagai penyedia verfikasi data;
- Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan Layanan Piro , termasuk melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan Layanan pada Aplikasi Piro seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, meningkatkan keamanan, melakukan analisa data, pengujian dan penelitian, dan atau memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas;
- Memberitahu Pengguna mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;
- Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Customer Service Piro untuk memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna, serta mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Customer Service;
- Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan, ilegal, atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, money laundering, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut;
- Dalam keadaan tertentu, Piro mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Piro .
-
C. PENGUNGKAPAN DATA PENGUNA
Piro menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan Data Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa terdapat izin dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:
-
-
- Mengidentifikasi dan mendaftarkan Pengguna, dan untuk mengadministrasikan, menverikasi, menonaktifkan, atau mengelola Akun Pengguna;
- Memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi apapun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan sebelum memberikan layanan kepada Pengguna atau sebelum Kami mendaftarkan Pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer) dimana data Pengguna yang verifikasi akun ke Premium akan dikirim ke penyedia layanan yang telah Kami tunjuk sebagai penyedia verfikasi data;
- Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan Layanan Piro , termasuk melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan Layanan pada Aplikasi Piro seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, meningkatkan keamanan, melakukan analisa data, pengujian dan penelitian, dan atau memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas;
- Memberitahu Pengguna mengenai segala pembaruan pada Aplikasi atau perubahan pada layanan yang disediakan;
- Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Customer Service Piro untuk memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna, serta mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Customer Service;
- Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan, ilegal, atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, money laundering, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut;
- Dalam keadaan tertentu, Piro mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Piro .
-
D. TEMPAT PENYIMPANAN DATA PENGGUNA
Data Pengguna yang Kami kumpulkan dapat disimpan, ditransfer, atau diolah oleh penyedia layanan pihak ketiga. Kami akan menggunakan semua upaya yang wajar untuk memastikan bahwa semua penyedia layanan pihak ketiga tersebut memberikan tingkat perlindungan yang sebanding dengan komitmen Kami berdasarkan Kebijakan Privasi ini.
E. PENYIMPANAN DAN PENGHAPUSAN DATA PENGGUNA
Piro akan menyimpan data Pengguna selama Akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.
F. KEAMANAN DATA PENGGUNA
Kerahasiaan Data Pengguna adalah hal yang terpenting bagi Kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data Pengguna dari akses, pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa. Namun, pengiriman data melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walau Kami berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data Pengguna, anda sebagai Pengguna mengakui bahwa Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan data Pengguna apa pun yang Pengguna kirimkan melalui Internet, atau menjamin bahwa data tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Kami. Anda sebagai Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Akun Anda, termasuk kata sandi (PIN) dan One Time Password (OTP) dengan siapapun dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.
G. PEMBARUAN KEBIJAKAN PRIVASI
Piro dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Piro menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan Piro , maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.
H. HUBUNGI KAMI
Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini, silahkan menghubungi Customer Service Kami melalui kanal sebagai berikut :
Telp. 021-9737475 (Senin – Jumat, 08.00 – 17.00 WIB)
Email cs@piro.id (Senin – Jumat, 08.00 – 17.00 WIB)
Whatsapp : 0895711661177 (Sabtu – Minggu, 10.00 – 16.00 WIB)

PT Tolong Transfer Paman Ryan dengan merk dagang Piro.id telah terdaftar sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran kategori 3 dengan nomor : 25/361Jkt/B/37-001
Millenium Centennial Center, Jl. Jenderal Sudirman Jl. H Kavling No.25, Kb. Baru, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920
Hubungi kami
cs@piro.id
021-973 7475
0895 711 6611 77 (WhatsApp Only)